Jumat, 01 Juli 2011

Rizqi Lestari

Mengoptimalkan memory usage pada Windows XP

Sejak dulu saya suka tweak, terutama registry tweak, sebab saya yakin bahwa nilai-nilai parameter dalam registry tsb pasti ada gunanya, hanya saja kita 'tidak diberi tahu' oleh Mikocok. Dan satu hal yang sedari dulu 'menghantui' saya adalah bagaimana cara mengoptimalkan memory usage pada Windows XP (Pro).
Setelah cari di sana-sini dan mencoba menerapkannya, maka saat ini saya menggunakan konfigurasi yang saya anggap optimal. Sehubungan dengan profesi saya sebagai Drivetester, dimana saya sering menggunakan aplikasi Map Info dan TEMS, maka saya jadikan kedua aplikasi tsb sebagai barometer optimasi.

Sebelum optimasi :
Tampilah Map ataupun MCOM pada TEMS dan Map Info terasa sangat lambat jika 'digeser'.
Harapan setelah optimasi :
Tampilan tidak lambat

Maka, inilah yang saya terapkan melalui registry :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Session Manager\Memory Management]
Lalu edit NonPagedPoolQuota.
Saya menggunakan angka desimal 64000000, yang saya asumsikan setara dengan nilai 64 MB.
Mengapa 64 MB? Sebab saya perhatikan melalui Task Manager (sebelum optimasi), bahwa sistem saya cenderung memiliki nilai NonPaged sebesar 60xxx s/d 64xxx (entah itu dalam satuan MB atau tidak, hehehe).

Selain itu saya juga mengedit nilai DisablePagingExecutive dari 0 menjadi 1.
Hal ini hanya efektif pada sistem dengan memory di atas 512 MB, dimana sistem akan mencoba 'mengikat' memory-memory pada RAM, bukan pada harddisk (virtual memory). Sebab akses pada RAM jauh lebih cepat daripada akses pada harddisk.

Dan hal lain yang juga penting adalah ukuran Virtual Memory. Di sini saya menggunakan ukuran 3 GB, yaitu tiga kali lipat ukuran RAM saya, yaitu 1 GB.

Penjelasan :
Seperti yang telah disebutkan di atas yaitu untuk DisablePagingExecutive, tweak ini akan 'memaksa' sistem untuk menaruh memory pada RAM, bukan pada harddisk. Namun perlu diperhatikan pula quota dan ukuran memory yang ditaruh pada RAM tsb, agar sistem tetap optimal. Karena itulah perubahan nilai NonPagedPoolQuota dilakukan. Setelah tweak ini saya terapkan, nilai NonPaged pada sistem saya menjadi stabil pada angka 62xxx s/d 63xxx.




Hasil setelah optimasi :
Tampilan TEMS dan Map Info menjadi tidak lambat. Selain itu, aplikasi seperti Mozilla Firefox yang biasanya 'memakan' banyak pagefile menjadi lebih 'kalem'. Walaupun tetap saja akses terhadap file pada saat Windows Explorer dibuka tetap lambat, hal ini gara-gara anti virus. Yah, tapi lumayan lah.

Rizqi Lestari

About Rizqi Lestari -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :